Tuesday, 22 March 2016

Cara kerja email, perbedaan smtp dan pop3

No comments :
Cara Kerja email
Sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan sms. Bedanya untuk sms, kita harus punya no. hp dan pulsa. Sedangkan untuk email, yang kita butuhkan adalah alamat email. Kita harus mendaftarkan alamat email kita dulu. Setelah mempunyai alamat email, kita sudah bisa mengirim maupun menerima email.

Ada 2 mekanisme yang digunakan dalam mengirim dan membaca email; yaitu menggunakan:
§  Email client
Email client adalah perangkat lunak (software) yang bekerja dengan mengunduh dari server semuaemail yang masuk ke alamat kita dan menyimpannya dalam harddisk sehingga kita bisa melihatnya walaupun dalam keadaan tidak terkoneksi internet. Beberapa email client yang terkenal adalahEudora, Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, Evolution, dll.
§  Webmail
Pada dasarnya, webmail mirip dengan email client, hanya saja ini merupakan aplikasi web yang hanya dapat diakses dengan adanya koneksi internet. Webmail tidak mengunduh email kita ke harddisk sehingga kita tidak dapat membacanya jika tidak ada koneksi internet. Beberapa contoh webmail yang terkenal adalah Yahoo! Mail dan Gmail.

Namun seperti no. hp, bila kita salah mengetikkan alamat tujuan email kita, email kita tidak akan sampai pada orang yang diinginkan. Jadi, telitilah dalam mengetikkan alamat email yang akan dituju. Jangan sampai salah kirim.

 Perbedaan smtp dan POP3
POP3
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak.
Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
SMTP
SMTP adalah kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol yang merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman email.
Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim email ke server email penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak. 

Jadi perbedaan POP3 dan SMTP pada dasarnya bisa diartikan sebagai berikut :
Pop 3 itu setting yang  digunakan untuk menerima email dari pihak ketiga misal aplikasi microsoft outlok, push Blackberry, Seven. Dengan settingan POP3 ini kita dapat membuka email kita melalui aplikasi pihak ketiga tanpa membuka akun di penyedia alamat email, contoh: Ymail,gmail,hotmail.
Sedangkan SMTP ialah settingan agar aplikasi pihak ketiga dapat mengirim email melalui akun kita tanpa kita membuka akun di email kita secara langsung, 
Misalnya: saat kita setting Smtp di REFOG (Cara Setting Refog Keylogger),
Aplikasi REFOG ini akan Mengirimkan Email dengan alamat email yg kita masukan di aplikasi ini.
POP3 = In

SMTO – Out

Usaha-usaha untuk mengamankan email :
·           Usaha usaha untuk mengamankan email
Untuk mengamankan Email, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, contohnya settingan verifikasi email dan forwarding email.
a.       Setting update informasi Recovery dan Alerts Email
Anda perlu mengupdate informasi ini agar anda mendapat pemberitahuan setiap kali terjadi perubahan data di akun mail anda, dan juga untuk membantu recovery/pengembalian password jika password anda dirubah oleh si hacker.
Hindarkan metode recovery dengan menggunakan EMAIL, gunakan hanya Recovery by SMS/Telpon
Jika memang harus menggunakan recovery dengan email, pastikan setiap email anda berbeda passwordnya

b.       Cek Forwarding Email anda
Sering sekali email yang telah dihack walaupun sudah merubah password namun tetap terhack kembali. Hal ini bisa dikarenakan settingan forwarding email yang telah sempat diubah oleh si pencuri email. Artinya setiap email masuk ke email korban akan otomatis terkirim ke email si hacker, tanpa disadari oleh si korban.

Untuk metode pengamanan standard lainnya pada akun email antara lain:
a.       Hindari mencentang “stay signed in”. Terutama di komputer yang digunakan banyak orang. Kalau anda memberi centang, maka username dan password anda akan disimpan pada cookies di komputer. Bahayanya, spyware bisa ikutan membaca informasi yang disimpan ini.
b.      Ubah password anda secara berkala. Buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan simbol seperti ! ” ? $ ? % ^ & * ( ) _ – + = { [ } ] : ; @ ‘ ~ # | \ < , > . ? / dalam password.
c.       Log out jangan lupa. Setelah selesai menggunakan email, jangan lupa lakukan log out. Sekalipun anda menggunakan komputer pribadi, lebih baik jika anda biasakan memencet tombol log out setiap selesai menggunakan gmail. Buat jaga-jaga.
d.      Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser anda sehabis menggunakan gmail. Biar lebih aman.
·         PGP
PGP adalah suatu metode penyandian informasi yang bersifat rahasia sehingga jangan sampai diketahui oleh orang yang tidak berhak. Informasi ini bisa berupa e-mail yang sifatnya rahasia, nomor kode kartu kredit, atau pengiriman dokumen rahasia perusahaan melalui internet. PGP menggunakan metode kriptografi yang disebut “public key encryption”; yaitu suatu metode kriptografi yang sangat sophisticate.
Cara kerja:
1. PGP menggunakan teknik yang disebut public key encryption dengan dua kode. Kode-kode ini berhubungan secara intrinstik, namun tidak mungkin untuk memecahkan satu sama lain.
2.  Ketika dibuat satu kunci, maka secara otomatis akan dihasilkan sepanjang kunci,yaitu kunci publik dan kunci rahasia.
3. PGP menggunakan dua kunci, Pertama, kunci untuk proses enkripsi (kunci publik). Disebut kunci publik karena kunci yang digunakan untuk enkripsi ini akan diberitahukan kepada umum. Orang yang akan mengirimkan e-mail rahasia kepada kita harus mengetahui kunci publik ini. Kedua, kunci untuk proses deskripsi (kunci pribadi). Disebut kunci pribadi karena kunci ini hanya diketahui oleh kita sendiri.
Metode 
- Hash atau disebut juga algoritma yang menghasilkan output yang bersifat unik dari sebuah input tertentu, misalnya pesan.
- Ketika seseorang ingin membuktikan bahwa pesan itu belum diubah, mereka akan mengoperasikan algoritma hash pada pesan dan membandingkannya dalam hash pada akhir pesan. Jika tanda tangan sesuai berarti pesan belum diubah.

Referensi :



No comments :

Post a Comment